google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Minuman Tradisional Teh Talua

Minuman Tradisional Teh Talua

   Hey...Hey...Hey...penikmat wisata Indonesia, Ranah Minang Holiday mau share ni sama traveller tentang minuman tradisional yang berasal dari Minangkabau...Hayo siapa yang tau ?. Penasaran bukan...yuk simak pemaparannya.

   "Teh talua"  ... minuman tradisional ini berasal dari Ranah Minang, teh talua dapat dijumpai dihampir seluruh daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang biasanya di jual di warung tradisional (lapau) maupun di restoran Padang dan pastinya kalau traveller tanya ke orang Padang tentang teh talua pasti sudah bakalan dijelasin sampai rinci deh... Awal mulanya minuman tradisional ini pada zaman dahulunya (saisuak) diperuntukan buat kamu bangsawan di Minangkabau, lama-kelamaan serta diikuti perubahan zaman minuman teh talua dapat dinikmati oleh siapa saja termasuk traveller. Pada saat sekarang ini teh talua menjadi teman "ma hota" (bercengkrama) di warung tradisional Minang, yang menjadi tempat masyarakat  saling bertukar informasi terkini dan mengikuti pergolakan mengenai agama, adat istiadat, budaya, sejarah, politik di Indonesia.

Teh Talua teman bercengkrama
   Keunikan dari teh talua, salah satunya minuman tradisional ini bergaya cafe kekinian, gimana nggak... traveller bisa liat dari kesan perpaduan warna kombinasi dari minuman tradisional ini yang memiliki tiga tingkatan (lenggek) warna, tingkatan pertama bewarna putih susu, tingkatan kedua bewarna cokelat, dan tingkatan ketiga buih (buriah), kombinasi warna minuman ini perpaduan dari kuning telur, teh bubuk, gula, susu kental manis serta jeruk nipis.


   Bagaimana Cara membuatnya  ?
   Membuat teh talua inipun tidaklah rumit dan boleh dicoba dirumah loh...cukup ambil kuning telur baik ayam kampung maupun telur bebek, lalu kocok boleh menggunakan mixer maupun secara traditional menggunakan lidi, hingga berbuih tapi tidak sampai seperti adonan kue, setelah ini siram dengan teh bubuk yang masih mendidih, setelahnya masukan susu kental manis secukupnya, dan buat sentuhan akhir boleh ditambahkan air jeruk nipis maupun serbuk buah pinang, cukup mudah bukan, tapi soal rasa hanya ahlinya yang juara. Konon tel talua ini berkasiat bagi traveller yang mengalami penurusan kondisi tubuh karena kelelahan, meningkatkan stamina tubuh agar kembali fit dalam beraktifitas.
   Kenikmatan teh talua sudah merambah ke penjuru Nusantara, yang dibawa serta didagangkan oleh perantau minang baik di restoran, mart,hinggal mall di kota-kota besar Indonesia, kelezatan teh talua sekarang tidak hanya dinikmati orang-orang yang sudah berumur (urang tuo), kenikmatannya telah menjadi minuman tren kaula muda Sumatera Barat saat hangout bersama teman. 

  So, Ayo nikmati kelezatan teh talua bareng trip bahagia Ranah Minang Holiday tour and travel Padang - Sumatera Barat "tetap lestarikan budaya untuk menjaga jati diri bangsa".



 *Ranah Minang Holiday*
Best Service is Our Tradition