google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Sala Lauak Pariaman

Sala Lauak Pariaman

   Hey...hey...hey... traveler, bagaimana keadaannya semoga selalu dilindungi Allah ya (Aamiin), hari ini Ranah Minang Holiday mau ngajak kalian mengetahui tentang cemilan unik yang berasal dari Kota Tabuik. Tau nggak sih nama cemilan khas dari Pariaman ini, Yup benar sekali cemilan unik ini bernama "Sala".

   
   Bila hendak berlibur ke Kota Pariaman, kita tidak hanya pergi untuk berwisata bahari, akan tetapi di Pariaman kita juga boleh untuk berwisata kuliner khas dari Kota di tepi pantai ini. Sala atau orang Piaman biasa menyebutnya sala lauak (sala ikan) yang  merupakan cemilan khas Kota Pariaman yang berbentuk bulat seperti bola pimpong, berwarna kuning keemasan, rasanya renyah dan yang pasti ada rasa lauak nya dong yang menjadi ciri khas sala ini, dijamin pada gigitan pertama saat memakan sala lauak, traveller bakal ketagihan dan pengen dan pengen lagi.
   Sala dapat diartikan juga gorengan, dikarenakan istilah ini digunakan untuk berbagai macam gorengan, oleh karena itu tidak hanya sala lauak, tetapi juga ada sala lunak, sala udang, sala kepiting, sala sipasan lauik dan lainnya.
   Tidak ada yang tahu pasti kapan sala ini ada, tetapi yang pasti sudah ada sejak "jaman saisuak" (zaman tempo dulu), yang mana orang Piaman telah menjadikannya cemilan penambah lauk pauk makanan, sala lauak sudah terkenal ke Mancanegara lho...hingga ke Negeri Malaysia, para pelancong banyak penasaran untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.
   Sala Lauak terbuat dari adonan tepung yang mana bumbu pelengkapnya yaitu tepung beras, cabai giling (dihaluskan), kunyit giling (dihaluskan), daun kunyit, lengkuas giling (dihaluskan), bawang putih, garam, dan dicampur ikan asin.  Untuk membuatnya kita perlu menyiapkan : 

   - 500 gram tepung beras
   - 1250 ml air
   - 2 sdm ikan budu kering
   - 1 sdm cabai giling
   - 2 sdm lengkuas halus
   - 10 siung bawang putih halus
   - 2 helai daun kunyit (iris tipis)
   - 1 sdt kunyit halus
   - 1 sdt garam
   - 2 liter minyak goreng
  
  
Adonan Sala Lauak
Cara membuat sala ini tidaklah susah, yang pertama yang mesti dilakukan adalah rendamlah tepung beras lalu tiriskan, rebus air hingga mendidih, masukan tepung beras kedalamnya aduk hingga merata lalu dinginkan adonan, setelah itu campur semua bahan yang telah di persiapkan tadi yakni cabai giling, lengkuas, bawang putih, kunyit, daun kunyit, ikan budu kering, dan garam, lalu aduk semua bahan hingga merata, dinginkan sebentar. Setelah itu panaskan minyak goreng lalu buat adonan menjadi bulat sebesar bola pimpong, dan masukan kedalam wajan yang berisi minyak goreng yang sudah panas, setelahnya angkat sala lauak apabila sudah bewarna kuning emas kecoklatan, serta tiriskan, selanjutnya sala siap dihidangkan.
   Sala lauak biasanya disajikan selagi panas dan sebagai pelengkap makanan bagi masyarakat pariaman ketika sarapan di pagi hari dan biasanya disajikan bersama ketupat gulai, dan ini telah menjadi menu sarapan pagi wajib bagi sebagian masyarakat Pariaman. Selain varian sala lauak ini, juga terdapat varian jenis sala lain yang di jual di sepanjang pantai Pariaman, jenis sala ini berbentuk tidak beraturan (tidak bulat), biasanya sala ini berbahan dasar dari ikan situhuak yang digiling halus, dengan tekstur sala yang lebih lunak dari sala lauak, jadi sala ini dinamakan sala lunak.
  
Katupek Gulai Sala Lauak
Bila hendak menyicipi cemilan khas suatu daerah, sangat cocok apabila mencicipinya di lokasi asal cemilan tersebut, begitupun sala lauak yang mana rasa sala lauak yang ada di Kota Pariaman pasti berbeda dengan rasa sala lauak di daerah lain,
konon katanya tidak afdal ketika berkunjung ke Pariaman kalau tidak mencoba mencicipi sala lauak.

  So ayo ke Pariaman bersama Ranah Minang Holiday tour and travel service dan nikmati gurihnya sala lauak.