google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Ayo ke Sijunjung

Ayo ke Sijunjung

   Hello traveller sekalian... hari ini Ranah Minang Holiday mau share info tentang spot wisata menarik yang ada di Kabupaten Sijunjung, untuk lebih lengkapnya simak informasinya yuk...


   Kabupaten Sijunjung merupakan sebuah daerah yang terletak di rangkaian Bukit Barisan, yang menjulur dari arah barat laut ke tenggara, oleh sebab itu Kabupaten Sijunjung memiliki eksotis alam yang khas dengan banyaknya terdapat spot wisata alam yang akan memanjakan mata setiap pelancong yang datang, dana tak lupa pula spot wisata sejarah, budaya dan adat istiadat, religi dan lainnya juga ada disini, untuk lebih jelasnya spot wisata tersebut, ikutin pemaparannya berikut ini.

   - Ngalau Loguang

Hasil gambar untuk ngalau loguang   Spot wisata ngalau loguang terletak di Nagari Aia Angek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung yakni sekitar 110 km dari Kota Padang tepatnya dikawasan wisata aia angek. Objek wisata alam ini memiliki  daya tarik tersendiri khususnya bagi traveller yang suka berpetualang, dengan segudang keindahan yang ditawarkan oleh spot wisata yang satu ini, dengan panjang ngalau lebih kurang 7 km, Ngalau loguang ini sendiri berada tepatnya di bawah bukit batu, traveller akan dibawa  untuk menikmati keindahan alam yang sesungguhnya selama perjalanan menuju ngalau dengan hutan dan bebukitan yang masih rimbun akan dedaunan dan pohon-pohon ditambah lagi hamparan sawah masyarakat yang membentang akan membuat wisata traveller akan semakin lebih menyenangkan, di Ngalau loguang ini terdapat  bebatuan stalagtit dan stalagmit yang indah, pemandu wisata juga sudah tersedia di spot wisata ini, di dalam goa  terdapat sebuah ruangan yang berbentuk pulau yang mana penduduk setempat menamakannya pulau lueh, karena spot ini sudah menjadi tempat wisata maka campur tangan pemerintah dalam mengelola tempat wisata yang indah ini telah berdampak signifikan terhadap kenyaman pengunjung dengan beberapa renovasi yang memudahkan pengunjung menikmati keindahan ngalau loguang  ini, untuk menuju spot wisata ini sangatlah mudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan lebih kurang hanya 13 km dari pusat Kabupaten Sijunjung.

   - Rumah Gadang Rajo Jambu Lipo
Hasil gambar untuk rumah gadang jambu lipo sijunjung
   Spot wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, berdasarkan kisahnya dahulu ada sebuah kerajaan di daerah Sijunjung sekarang, dengan nama Kerajaan Jambu Lipo yang berdiri sekitar abad ke 10 dengan rajanya yang pertama "Dungku Dangkara", Jambu Lipo berasal dari kata "Jambhu Dwipa" yang memiliki makna "tanah asal". Sampai saat sekarang kerajaan ini masih tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya dengan sususnan pemerintahan kerajaan yang dipakai yakni "Rajo Tigo Selo" yang didalam tambo adat disebut "Limbago Rajo" dengan tiga orang raja yakni "Raja Alam, Raja Adat, Raja Ibadat" yang masing-masing memiliki tugas, kewenangan, dan daerah kedudukan tersendiri. Untuk menuju spot wisata ini sangatlah mudah dan bisa diakses dari segala lokasi yakni sekitar 20 km dari Muaro Sijunjung, Sesampai di lokasi kawasan kampuang tuo (kampung tua) Lubuk tarok, traveller bakal menemukan sebuah rumah gadang bekas peninggalan Kerajaan Raja Lipo yang masih terawat baik karena ikut andilnya pemerintah  setempat untuk ikut merenovasi dan merawat, masyarakat biasa menyebutnya "Rumah Gadang 24 Ruang", disana kita bisa menemukan peninggalan kerajaan seperti : lasuang panjang (lesung) penumbuk padi, dan selain itu biasanya masyarakat mengadakan acara adat dan kesenian traditional di sekitaran Rumah Gadang 24 Ruang ini.

   - Air Terjun Silokek
Hasil gambar untuk air terjun silokek sijunjung   Air terjun Silokek terletak di Kanagarian Silokek, Kabupaten Sijunjung, lebih kurang 100 km dari Kota Padang. Air terjun yang indah dan cantik ini terletak di kawasan wisata alam Musiduga (muaro, silokek, dan Durian Gadang) begitu masyarakat menyebutnya. akses menuju jalan ini tidaklah susah, cukup 30 menitan dari daerah Muaro pusat Kabupaten Sijunjung, kita akan diajak berpetualang agar sampai di Lokasi wisata ini, pemandangan kawasan wisata ini sangat lah indah dan asri, dengan panorama alam yang menghiasi sepanjang perjalanan dan pasir putih di tepian sungai yang jarang sekali di temukan di sungai tempat wisata lain. Cukup berjalan sekitar lebih kurang 500 meteran dari jalan raya kita akan sampai di spot wisata Air Terjun Silokek, di spot ini anda boleh bermain air dan take picture sepuanya karena background yang ditawarkan di spot ini sangat lah kerern dengan latar belakang air terjun silokek dan kawasan hutan asri.

   Dan Masih banyak lagi spot wisata terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Sijunjung, Ayo ikuti trip menarik bareng Ranah Minang Holiday tour and travel service dan Jelajahi alam Sumatera Barat dengan bahagia bersama kami.