google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Ayo ke Kabupaten Solok

Ayo ke Kabupaten Solok

   Hey...hey...hey... traveler... Selamat berakhir pekan, terlebih dahulu ucapan selamat kepada Sumatera Barat yang terpilih menjadi Spot Wisata Halal terbaik tingkat Dunia, hari ini Ranah Minang Holiday mau share mengenai spot wisata terbaik dan populer yang ada di Kabupaten Solok, ikuti pemaparannya.

   - Danau Kembar
danau3
View Danau Kembar
   Danau kembar merupakan kawasan wisata alam yang terletak di Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok.Dikatakan danau kembar dikarenakan adanya beberapa danau yang berdekatan letaknya yakni Danau Diatas dan Danau Dibawah, yang membedakan keduanya adalah ketinggiannya, ada keunikan dari pemberian nama danau ini, sesungguhnya Danau Dibawah lah yang letaknya lebih tinggi dari Danau Diatas yang mana jarak antara Danau Diatas dan Dibawah sekitar 300 meter, jadi kalau dilihat dari udara maka kedua danau ini seperti menyatu dikarenakan jarak yang dekat dengan warna air birunya yang identik, Kedalam kedua danau inipun berbeda yang mana Danau Dibawah memiliki kedalaman sekitar 44 meter dan Danau Diatas memiliki kedalaman sekitar 500 meter.
   Spot wisata Danau kembar ini memiliki udara yang sejuk, pemandangan sekitar bertambak cantik dan indah dikarenakan tumbuh-tumbuhan yang di tanam penduduk yang bercocok tanam di sekitar Danau Kembar disertai adanya perkebunan teh yang hijau sepanjang mata memandang menjadikan spot wisata ini spot wisata terbaik di Kabupaten Solok,serta adanya wahana wisata rekreasi  di sekitaran danau seperti Outbond, tracking, Wahana permainan air ditambah lagi banyaknya warung-warung makanan disekitaran danau yang membuat pengunjung tak perlu repot lagi memikirkan masalah perut sewaktu berwisata kedanau yang indah ini, Kalau adapun yang ingin menginap dan bermalam di sekitaran danau, Pemerintah daerah yang bekerjasama dengan pihak swasta telah membangun beberapa penginapan dan cottage yang disediakan untuk memfasilitasi liburan bahagia traveller. Untuk mencapai spot wisata ini, tidak membutuhkan waktu lama, cukup 1,5 jam dari Kota Padang atau sekitar 65km, kita telah sampai dan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya, So tunggu apa lagi ayo ke Solok bersama Ranah Minang Holiday tour and travel service.

   - Panorama Angin Berhembus
Hasil gambar untuk angin berhembus solok
   Panorama angin berhembus terletak di Nagari Aripan, Kabupaten Solok, spot wisata angin berhembus merupakan salah satu spot wisata terbaik lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Solok.Kenapa spot wisata ini dinamakan angin berhembus? ya... hal ini dikarenakan letak spot ini di salah satu titik tertinggi di Kabupaten Solok, hampir setiap saat angin bertiup di spot ini, sepoi-sepoinya angin yang bertiup ditambah suasana puncak panorama yang dikelilingi pepohonan yang rimbun serta view Danau Singkarak, Gunung Marapi dan Talang dan hamparan pemandangan padatnya aktivifitas masyarakat Solok dari kejauhan, keindahannya tidak dapat lagi diungkapkan dengan kata-kata, hanya bisa menikmati dari ketinggian ini, dijamin liburan traveller akan semakin bahagia. Objek wisata ini akan semakin ramai jika waktu liburan akhir pekan tiba, banyak warga serta pelancong menikmati suasana alam dan pemandangan yang indah di Panorama Angin Berhembus ini, ada yang membawa keluarga untuk berekreasi hingga sekedar melepas penat dan kejenuhan dari aktivitas pekerjaan sehari-hari, semakin sore pemandangan semakin indah, kita boleh menyaksikan sunset dari atas Panorama ini. Spot wisata ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau lebih kurang 6km dari pusat Kota Solok.

   - Puncak Batu Galeh Sulit Air
Hasil gambar untuk objek wisata puncak batu galih di sulit air
   Spot wisata Puncak Batu Galeh Sulik Aia merupakan spot wisata baru yang sekarang menjadi trend di Kabupaten Solok, spot wisata ini berada di Nagari Sulik Aia, Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok. Spot wisata ini dinamakan Batu Galeh karena seketika sampai di puncak bukit, maka akan terlihat sebuah batu besar yang berbentuk seperti lipatan kain, Ditengah masyarakat sekitar berkembang sebuah cerita legenda yang mana ada seorang pemuda yang "galeh kain" (menjual kain) yang mana dagangannya sangatlah laris, dengan larisnya dagangan tersebut si pemuda menjadi seorang yang lupa diri dan durhaka kepada orang tuanya, hingga dikutuklah pemuda tersebut menjadi batu dengan lipatan kain dagangannya. Dari atas Puncak bukit kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dengan background empat buah Gunung yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago, serta Gunung Talang, mencapai spot ini kita memang harus sedikit berusaha ekstra, dari Kota Padang sekitar 96 km perjalanan, sesampai di Nagari Sulik Aia, dilanjutkan perjalanan dengan jalan kaki hingga puncak bukit, tapi lelah akan terbayar lunas sesampai di puncak bukit karena pemandangannya yang luar biasa indahnya. 

   - Masjid Tuo Kayu Jao
Hasil gambar untuk masjid tuo kayu jao
   Selain berwisata keindahan alam, Kabupaten Solok juga menawarkan jenis wisata lainnya yang tidak kalah baiknya, seperti spot wisata yang satu ini yaitu Masjid Tuo Kayu Jao, yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dengan usia bangunan lebih kurang 500 tahun, terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, kita akan dibawa berwisata religi di daerah ini, di mulainya pembangunan masjid ini berdasarkan catatan sejarah sekitar abad ke 16, beriringan dengan masuknya ajaran agama Islam, berdasarkan pemaparan masyarakat setempat awalnya pembangunan masjid ini diprakasai oleh dua orang tokoh masyarakat pada waktu itu yakni Angku Musaur dan Angku Labai. Desain masjid ini identik bercorak kebudayaan setempat dengan dipengaruhi corak minangkabau, atap yang terbuat dari ijuk dengan tingkat tiga setebal lebih kurang 15 cm dan bagian mihrab atab berbentuk gonjong rumah gadang, atapnya disangga dengan 27 tiang yang merupakan pemaknaan dari 6 suku yang berada di sekitaran masjid yang terbagi menjadi empat unsur pemerintahan dan tiga unsur dari agama, disana juga ada bedug (tabuah) yang diperkirakan umurnya sama dengan masjid. Sampai saat sekarang masjid masih difungsikan sebagai tempat ibadah bagi masyarakat sekitar dan kondisi fisik masjid pun masih bagus, so bagi traveller yang menginginkan  adanya wisata religi dalam tour Kabupaten Solok, spot ini wajib dimasukan sebagai salah satu destinasi tujuan.

   So tunggu apalagi, ayo kemasin barangmu dan berlibur ke Solok bersama kami Ranah Minang Holiday tour and travel service.