google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Rendang Mendunia

Rendang Mendunia

   Hello traveller... kali ini kami mau share informasi nih, mengenai masakan terlezat di dunia, penasaran kan yuk ikuti pemaparannya.
   Randang yang dalam Bahasa Indonesia bermakna "rendang" merupakan masakan yang telah menjadi tradisi bagi masyarakat Sumatera Barat yang biasannya dihidangkan pada saat acara-acara besar seperti acara adat,hari besar umat Islam, pernikahan masyarakat minang, menjamu tamu dan sebagainya.
Hasil gambar untuk rendang wikipedia
Proses pembuatan rendang
   Dalam sejarahnya masakan rendang ini telah menyebar luas ke daerah-daerah luar wilayah Sumatera hingga ke negeri sebrang yang mana dibawa dan disebarkan oleh masyarakat minang yang suka pergi merantau hingga jauh mencapai semenanjung malaya dan nusantara, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu rendang menjadi bekal bagi masyarakat minang yang suka merantau karena rendang merupakan sebuah masakan yang unik yang bisa bertahan lama dalam waktu berminggu-minggu.
   Masakan tradisional ini dibuat dari empat bahan pokok, yang mana bahan ini memiliki makna tersendiri dalam adat budaya masyarakat minangkabau, yang mana makna dari empat pilar utama dalam masyakan ini diantaranya :
  • Dagiang dalam Bahasa Indonesia  "daging"  merupakan lambang dari "niniak mamak" yang bermakna tetua nagari,
  • Karambia (kelapa) yang meruapakan lambang dari "cadiak pandai" (kaum intelektual nagari),
  • Lado atau dalam Bahasa Indonesia "cabai" merupakan lambang dari "alim ulama" yang tegas dalam mengajarkan syariat agama Islam,
  • Pamasak atau dalam Bahasa Indoanesia (bumbu pemasak)  yang melambangkan masyarakat minangkabau.
   Daging yang umumnya digunakan daging sapi dimasak dengan menggunakan rempah-rempah seperti santan kelapa, campuran rempah-rempah seperti cabai,lengkuas, kunyit, serai, bawang merah dan bawang putih, dan tambahan bumbu lainnya,  campuran bumbu-bumbu alami ini sekaligus bersifat antiseptik sehingga menjadikan rendang memiliki pengawet alami yang berpengaruh terhadap ketahanan pada makanan ini yang bisa disimpan selama beberapa minggu.
Hasil gambar untuk masakan padang rendang
Nasi Padang samba Rendang
   Dalam proses memasak makanan yang satu itu agak sedikit lama dan memakan waktu berjam-jam, daging sapi yang telah di potong dan dibersihkan dimasak dengan santan dan campuran bumbu ke dalam sebuah "kuali" atau wajan besar dan dimasak menggunakan "tungku api" perapian dari kayu bakar. Selama proses memasak rendang, campuran daging, santan, dan campuran bumbu harus terus diaduk secara perlahan-lahan hingga proses membuat rendang selesai karena kalau tidak terus diaduk maka seperti kata orang minang "beko santan e pacah" atau nanti santannya pecah yang bermaksud agar santan yang dimasak nantinya tidak menggumpal dan cepat kering/hangus dan menghilangkan ciri khas aroma rendang, biasanya hingga proses rendang selesai dibutuhkan waktu sekitar 4 jam, jadi kita harus siapkan tenaga ekstra untuk membuat makanan yang pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia lho...
  Awalnya rendang Sumatera Barat hanya ada dua varian yakni kalio dagiang (rendang basah) dan rendang kering, namun pada saat sekarang ini telah banyak terjadi inovasi pada masakan khas ini diantaranya : rendang telur, ayam, bebek, hati, ikan tongkol dan lainnya.
   Bagi yang penasaran sama kuliner yang lezat ini langsung datang aja ke Sumatera Barat dan nikmati sensasi rendang asli langsung ke daerah asalnya.


   So ayo ke Sumatera Barat.






Referensi : Wikipedia/wiki/rendang