google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Ayo ke Pasaman Timur

Ayo ke Pasaman Timur

   Salam bahagia traveller... Ranah Minang Holiday tour and travel mau share lagi ni mengenai info wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Timur, so simak baik-baik ya....

   - Spot Wisata Rimbo Panti
   
Hasil gambar untuk rimbo panti   Kawasan wisata rimbo panti di Kabupaten Pasaman merupakan sebuah wilayah cagar alam yang terletak di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman. Kawasan hutan ini merupakan salah satu spot wisata terbaik yang dimiliki Pasaman dan menjadi primadona bagi pengunjung karena kekayaan alamnya baik flora maupun fauna yang mendiami rimbo panti ini, diantaranya terdapat bunga bangkai dan raflesia yang tumbuh di rimbo panti ini sertai berbagai tanaman langka lainnya dan juga ada satwa endemik yang juga mendiami hutan seluas 3120 Ha ini yang diantaranya : Burung Kuau, Anggang Tanduak, Alang Sarok, dan Raja Udang serta dari mamalianya Harimau Sumatera, tak hanya itu di dalam hutan panti ini juga terdapat salah satu spot wisata sumber air panas. Rimbo Panti ini memiliki daya tarik yang luar biasa dengan Ekowisata (wisata berbasis lingkungan) yang ditawarkan dan juga menjadi gaya wisata terpopuler saat ini di dunia.
  
    - Museum Imam Bonjol
Hasil gambar untuk museum imam bonjol   Spot wisata berikutnya yang ada di Kabupaten Pasaman adalah museum Imam Bonjol, museum ini terletak di Jalan Lintas Sumatera, Bonjol, Ganggo Hilia, Kabupaten Pasaman. Dalam sejarahnya Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pejuang kemerdekaan dari Sumatera Barat, beliau lahir di Pasaman pada tahun 1772, Pada masa perjuangannya Tuanku Imam Bonjol yang berada di pihak alim ulama terlibat pertentangan dengan kaum adat, dalam sejarahnya beliau menentang praktek-praktek yang dilakukan kaum adat yang telah melenceng dari ajaran agama Islam seperti sabung ayam, judi dan lainnya, karena ketidaksukaan kaum adat terhadap beliau yang mencampuri urusan kaum adat, maka meletuslah perang Padri yang mana kaum adat bersama Penjajah Belanda memerangi beliau dan pengikutnya, Beliau pernah di tangkap sesaat perundingan dengan pihak Belanda dan langsung diasingkan ke Cianjur, Jawa Barat, lalu dipindahkan ke Ambon, dan pada akhirnya di pindahkan ke daerah Lotak, Minahasa hingga beliau wafat pada 8 November 1864. Kenangan perjuangan beliau diabadikan dalam Museum Bonjol dimana disana terdapat alat-alat dan barang-barang yang pernah digunakan beliau semasa hidupnya dan saat berperang melawan penjajah.

   - Monumen Equator khatulistiwa
Hasil gambar untuk monumen equator pasaman
Monumen Equator khatulistiwa Pasaman
   Tugu Khatulistiwa juga ada di Kabupaten Pasaman, tugu ini dibangun untuk menandai bahwa Kabupaten Pasaman berada pada garis tengah bumi ini, monumen yang berbentuk bola dunia dengan tiga tiang penyangga ini merupakan salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi juga jika berwisata ke Kabupaten Pasaman dan lokasinya juga berdekatan dengan Museum Imam Bonjol, setiap pengunjung dan wisatawan yang melintasi tugu ini, pihak pengelola akan memberikan sebuah sertifikat sebagai tanda bahwa orang tersebut telah pernah melintasi garis tengah dunia,so ayo ke Pasaman Barat dan jadilah orang yang pernah melintasi garis Khatulistiwa.

   - Bukik Tujuah/Bukit Teletubbies
Gambar terkait   Ketika terdengar Teletubbies, pasti kita akan teringat langsung akan film teletubbies bukan, film fiksi anak-anak yang berupa seperti makhluk asing yang sedang bermain dibukit-bukit kecil nan indah, ya bukit Teletubbies/ bukit tujuh yang menyerupai bukit dalam film anak-anak ini juga ada di Kabupaten Pasaman tepatnya di Obom, Kecamatan Rao Selatan. Bukit ini merupakan salah satu surga keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten Pasaman, dengan background bukit yang berbaris dan angin semilir yang berhembus menjadikan spot wisata bukit tujuh ini menjadi spot wisata terbaik bagi anda pencinta foto dengan latar belakang alam, untuk mencapai bukit ini kita harus menempuh satu jam perjalanan dari Kecamatan Rao, tapi rasa lelah akan terbayarkan seketika kita mencapai puncak bukit ini, karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

   Dan masih banyak lagi tempat wisata terbaik yang dimiliki Kabupaten Pasaman, So Ayo ke Pasaman Barat.