google-site-verification: google3e7e202e6c97cf47.html Ranah Minang Holiday Tour and Travel Padang - Sumatera Barat: Ayo ke Agam

Ayo ke Agam

   Hei..hei...hei... traveller, kali ini ranah minang holiday mau share nih mengenai spot wisata terpopuler yang ada di Kabupaten Agam, ikutin pemaparannya ya...

   - Puncak Lawang
Hasil gambar untuk wisata puncak lawang sumatera barat   Spot wisata terpopuler pertama di Kabupaten Agam adalah puncak lawang, puncak lawang terletak di lawang, matur, kabupaten agam. ketinggian puncak bukit di sekitaran danau maninjau ini mencapai 1210 m dpl, puncak lawang menjadi salah satu spot wisata baru andalan bagi pemerintah setempat, dengan lokasi di ketinggian menjadikan spot ini sangat cocok untuk menikmati keindahan alam di Kabupaten Agam seutuhnya mulai dari birunya air danau maninjau dan sawah yang membentang sepanjang mata memandang serta hutan pinus yang menjulang tinggi hingga ke awan menjadikan liburan anda bakal menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan, sarana dan prasarana pendukung di atas puncak lawang inipun sudah sangat lengkap mulai dari tersedianya mushola, pondok istirahat, cafe, dan area bermaik anak pun ada. Selain tempat rekreasi, puncak ini juga digunakan untuk olahraga paralayang dan sangat terkenal di Nasional maupun Internasional, masalah tiket masuk untuk spot wisata ini sangatlah murah, mulai dari Rp5000 per orang, dan parkir Rp5000 per mobil, ini sangatlah terjangkau bagi traveller.

   - Air Terjun dan Pemandian Gadih Ranti
Gadih Ranti
Air Terjun dan Pemandian Gadih Ranti
   Selain puncak lawang yang terkenal, Kabupaten Agam juga memiliki tempat wisata yang bernama Air Terjun Gadih Ranti, spot ini terletak di 1.6 km dari Jalan Raya Lubuk Basung-Maninjau, yang berdekatan juga dengan bendungan irigasi barang antokan, air terjun yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni dengan adanya beberapa tingkat air terjun yang turun dari atas, konon dikisahkan juga, di air terjun ini pada zaman dahulunya merupakan tempat pemandian seorang wanita dengan perawakan menawan yang bernama Gadih Ranti, dia merupakan orang yang menguasai dan memerintah di sekitaran daerah tersebut. Spot wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata pertualangan di alam bebas  karena alam yang masih alami di sekitaran air terjun yang menjadikan air terjun ini semakin layak untuk anda kunjungi.

   - Pantai Tiku
Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati   Selain keindahan alam yang berada didaerah sekitaran bukit barisan di Kabupaten Agam, ternyata keindahan wisata pantai tidak kalah bagusnya, salah satu spot wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Agam ini adalah Pantai Tiku, pantai ini terletak di daerah Nagari Tiku Selatan, Tanjung Mutiara, Agam, untuk menuju spot wisata ini, anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua dan empat, setibanya anda di pantai tiku, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, dengan hamparan pasir putih dihiasi pohon cemara laut yang rimbun dan garis pantai yang luas, serta deburan ombak yang indah, dijamin akan memanjakan mata kita, selain itu di pantai tiku ini kita boleh membeli ikan segar hasil melaut para nelayan setempat dengan harga yang juah lebih terjangkau.  Dari tepian pantai kita bisa melihat dua buah pulau yang menghadap ke pantai ini, yakni pulau tangah dan ujuang, dua pulau ini masih sangat terjaga kondisi karangnya dan lebih cantik lagi hamparan pasir putihnya, di pulau ujung juga terdapat sebuah rumah yang dimiliki oleh kaum adat setempat sebagai tanda kalau tanah di pulau itu meruapakan tanah ulayat. tak jauh dari pantai tiku ini, juga terdapat sebuah muara yang bernama mati/ putuih yang merupakan sebuah muara yang terbentuk oleh aliran dari arus ombak yang berkumpul di suatu titik lokasi sehingga membentuk sebuah danau kecil, dengan dihiasi pohon kelapa yang menjulang tinggi menjadikan muara ini memiliki keeksotisannya tersendiri.

   - Masjid Raya Bayur
Hasil gambar untuk wisata masjid raya bayur
Masjid Raya Bayur
   Selain wisata alam, di Kabupaten Agam kita boleh juga wisata religi karena disana terdapat sebuah bangunan masjid yang sangat indah, masjid ini bernama Masjid Raya Bayur, Masjid ini terletak di Jalan raya Lubuk Basung-Bukittinggi, Jorong Kapalo, Koto Nagari Bayua, Tanjung Raya, Agam. Masjid ini dibangun pada abad ke 20, awalnya masjid ini sudah tidak terawat dengan baik, dengan adanya gagasan dari tokoh masyarakat setempat yakninya Datuak Hakim Tantawi yang didukung oleh Bachtiar Chamsyah yang juga pernah menjabat Mentri Sosial serta adanya sumbangan dari perantau minang. Desain Masjid ini sangatlah unik, sang arsitek merancang Masjid ini dengan memadukan atap gonjong yang ada pada rumah adat Minangkabau serta gaya Pagoda yang ada di Thailand, hal ini dapat dilihat dari adanya menara berukuran kecil yang diletakan pada keempat buah sudut atap di bangunan utama, bangunan dalam (interior) masjid juga sangat indah dan view taman masjid pun indah dan ditambah juga adanya air mancur yang menambah keindahan masjid ini, ketika hendak sholat kita akan merasa nyaman sewaktu ke toilet karena bersih dan tempat berwudhu yang lapang.

   Dan masih banyak lagi spot wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Agam, Jangan lupa tetap ikutin postingan Ranah Minang Holiday yang update setiap hari, So Ayo ke Kabupaten Agam.